Kabar Muslimah Dan Info Islami

Jumat, 27 Januari 2017

Sengaja Mendahului Gerakan-gerakan Imam Ketika Sholat Berjamaah, Ini Hukumnya!!

Kabarmuslimah - Sering kita melihat ada Saudara kita pada saat shalat berjamaah, yang entah karena tidak tahu atau karena kelalaian, mendahului gerakan-gerakan Imam dalam shalat terutama saat bangkit dari ruku (i’tidal) dan bangkit dari sujud. Sepertinya hal ini merupakan masalah yang remeh, tetapi bagaimanakah Islam memandangnya? Patut kita cermati hal ini bersama.




Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallaahu ‘anhu, dari Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

Artinya : “Tidaklah salah seorang dari kamu takut atau hendaklah salah seorang dari kamu takut apabila ia mengangkat kepadalanya mendahului imam bahwa Allah akan merubah kepadalanya menjadi kepala keledai atau Allah akan merubah rupanya menjadi rupa keledai”

Dalam riwayat lain disebutkan : “Allah akan merubah kepalanya menjadi kepala anjing.”

Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallaahu ‘anhu, ia berkata : “Pada suatu hari Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengimami kami shalat. Selesai shalat beliau menghadap kepada kami dan berkata :


“Wahai sekalian manusia, aku adalah imam kalian. Janganlah kalian mendahului aku ketika ruku’, sujud, berdiri, dan salam. Karena aku dapat melihat kalian di hadapanku maupun di belakangku.”

Diriwayatkan dari Mu’awiyah bin Abi Sufyan Radhiyallaahu ‘anhumaa, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Artinya : “Janganlah kalian mendahuluiku ketika ruku’ ataupun sujud. Karena walau bagaimanapun cepatnya aku mendahului kalian ruku’ ketika aku ruku’ kalian pasti dapat mendahuluiku ruku’ sebelum aku bangkit darinya, karena aku sudah berumur.”

Dari ‘Abdullah bin Yazid, ia berkata: Telah menceritakan kepadaku Al Baraa’ (bin ‘Aazib) –dan ia bukanlah seorang pendusta-: “Sesungguhnya para Sahabat apabila shalat di belakang Rasulullah shallallaahu’

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sengaja Mendahului Gerakan-gerakan Imam Ketika Sholat Berjamaah, Ini Hukumnya!!

0 komentar:

Posting Komentar