Kabar Muslimah Dan Info Islami

Kamis, 24 November 2016

Wajib Tonton, 6 Film ini Buktikan Islam Bukanlah Agama Terorisme

Kabarmuslimah - Kalau kita melihat di media barat saat ini, maka akan sering dijumpai agama Islam dikaitkan dengan terorisme. Apakagi dikaitkan dengan beberapa kasus bom bunuh diri yang terjadi belakangan ini. Rasanya tidak adil ya, sementara banyak kasus pembunuhan dan peperangan yang terjadi misalnya di Palestina, Suriah, Irak, Afganistan, itu dilakukan oleh yang bukan Islam, tetapi tidak disebut sebagai terorisme.

Untuk menepis anggapan Islam identik dengan tindakan kekerasan, maka berbagai upaya dilakukan. Salah satunya adalah lewat film. Para sineas pun meluncurkan beberapa judul film baik di dalam maupun di luar negeri yang menjelaskan tentang pandangan Islam yang sebenarnya tentang kekerasan dan terorisme.

Penasaran apa saja? Berikut adalah daftarnya

1. My Name is Khan



Bagi kamu yang merupakan penggemar film India, tentu sudah tak asing dengan film yang dibintangi oleh Kajool dan aktor ternama India, Shah Rukh Khan. Bagi kamu yang sudah menonton film ini tentu pasti tersentuh akan perjuangan Shah Rukh Khan untuk menghilangkan trauma dalam pikiran wanita yang dicintainya atas kepergian putranya.

Dengan keterbatasan fisik yang dimilikinya, Khan mencoba meyakinkan masyarakat Amerika bahwa Islam adalah agama yang cinta damai. Dalam film ini, dia memiliki tujuan utama bertemu dengan presiden Amerika Serikat untuk mengatakan bahwa dia dan Islam bukanlah teroris.
2. Kite and Runner



Disutradarai oleh sutradara film World War Z yaitu Marc Foster, film Kite and Runner sebenarnya merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama.

Film ini menceritakan tentang kisah seorang bocah laki-laki Afghanistan yang berkeinginan menjadi seorang pria berkebangsaan Amerika berusia 30 tahunan, Kite and Runner memiliki alur yang menyentuh. Alih-alih menggambarkan kehidupan di kota Kabul yang sering digambarkan sebagai kota yang tidak manusiawi, film ini menggambarkan tentang bagaimana kehidupan seorang Afghan yang tak ubahnya seperti warga negara dan pemeluk agama lain. Didukung dengan sinematografi yang menawan, film ini mencoba menyuarakan bahwa Islam tak seburuk yang dikabarkan selama ini.

3. Kingdom of Heaven




Film Kingdom of Heaven dirilis saat situasi tengah memanas antara negara timur dan negara barat, perang yang sedang terjadi di Iraq dan Afghanistan, hingga trauma yang menyisak akibat serangan terorisme di Amerika Serikat pada 11 September 2001. Tentunya perilisan ini bukan tanpa alasan. Sebab para sineas yang berada di balik film ini ingin menceritakan sisi humanisme serta kekuatan sejarah Islam dengan nilai-nilainya yang positif untuk kehidupan.

Didukung oleh Orlando Bloom sebagai aktor utamanya, Kingdom of Heaven mencoba membuat masyarakat berpikir bahwa Islam tidaklah seburuk yang dibayangkan selama ini.

4. Malcolm X



Sebelum memproduseri film mainstream seperti Inside Man, Spike Lee sebenarnya berfokus pada film yang bercerita tentang ras dan perbedaan di Amerika. Hal ini nampak pada film Malcolm X yang dia garap.

Film yang dinominasikan di Oscar ini menceritakan tentang Islam dari sudut pandang yang lebih positif daripada saat ini. Sudut pandang yang diambil dari organisasi Liga Muslim yang memuat nilai modern Islam ini bahkan masih dijadikan patokan tentang bagaimana cara menangani isuk perbedaan termasuk pandangan miring akan Islam hingga saat ini.


5. Tanda tanya



Tanda tanya menjadi salah satu dari judul film asal Indonesia yang menceritakan agama Islam dari sudut pandang yang lain. Bagi mereka yang pernah menonton film besutan sutradara Hanung Bramantyo ini pasti awalnya dibuat pusing dengan alur yang ada.

Meskipun diliputi kontroversi, namun film ini berhasil mengangkat isu perbedaan agama dengan tidak murahan dan memberikan perspektif lain tentang Islam lewat tokohnya yang bernama Soleh dimana dia bekerja sebagai petugas keamanan gereja dan berani mempertaruhkan nyawanya untuk membawa keluar bom saat misa sedang berlangsung sehingga dia menyelamatkan banyak nyawa manusia beragama lain darinya yang tidak berdosa.

Semua bom, perang, dan kekerasan yang terjadi mengatasnamakan Islam sebenarnya tidak pernah diajarkan di agama ini dan agama lain. Tindakan tersebut hanyalah didasari atas kepentingan kelompok tertentu demi mendapatkan apa yang mereka inginkan. Islam adalah agama yang penuh dengan kedamaian sebagaimana agama lainnya. Dan segala macam bentuk aksi terorisme itu sesungguhnya hanyalah aksi para mafia berkedok agama.

6. 3 (Alif Lam Mim)



Sepintas ditilik dari materi promosi, 3 (Alif Lam Mim) memang tampak seperti epigon lainnya dari The Raid yang konon telah menetapkan standar tinggi untuk genre laga di perfilman Indonesia. Dengan polesan efek khusus jauh dari kata meyakinkan – mengingatkan pada Garuda Superhero – mudah bagi penonton yang tidak tahu menahu mengenai seluk beluk film ini untuk memunculkan cibiran, “apa sih yang bisa ditawarkan oleh 3?.” Lalu kita melihat adanya nama Anggy Umbara (dwilogi Comic 8, Coboy Junior the Movie) di balik kemudi yang memunculkan secercah harapan mengingat fun merupakan nama tengah dari si pembuat film. Setidaknya, jika pada akhirnya hasil memang di bawah pengharapan, 3 masih menawarkan hiburan. Akan tetapi, apakah 3 memang tidak semeyakinkan trailernya yang kata seorang kawan gagal memberi gambaran mengenai isi dari filmnya itu sendiri? Well, jika kamu mempunyai pemikiran demikian dan berencana melewatkannya, your loss then. Karena saya berani mengatakan secara lantang bahwa 3 adalah salah satu film terbaik tahun ini. Seriously, you don’t want to miss this one!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Wajib Tonton, 6 Film ini Buktikan Islam Bukanlah Agama Terorisme

0 komentar:

Posting Komentar